Selasa, 07 Januari 2020

Kenapa Orang Mampu Mendadak Like Akun Facebook Politisi?

Jаkаrtа - Lagi ramai orang-orang bertanya kenapa bisa mendadak 'Like' akun Fасеbооk politisi, padahal bukan pilihannya. Ternyata hal itu memang mampu terjadi.

Banyak toko, restoran, selebriti, dan pejabat politik memiliki akun Page di Facebook. Kalau ada toko, restoran atau tokoh yang kita suka, pasti kita Like page mereka. Masalahnya, jika kita tidak suka, kenapa sanggup otomatis Like page mereka?

Hal ini dijelaskan panjang lebar oleh Bob Sullivan, seorang wartawan senior Amerika Serikat dan pengarang sejumlah buku Saat lagi ramai-ramainya politik di Amerika pada Februari 2018, akun Facebook Bob Sullivan tiba-tiba Like seorang calon senator. Ada goresan pena, "(Mr X) membuat Page (Mr X). Mereka menambahkan Bob Sullivan dan teman lain ke dalam profil mereka."



"Ketika saya klik notifikasinya, terlihat di Facebook bila saya sudah Like akun. Padahal saya tidak melakukannya," ujar Sullivan dalam paparan di situs resminya ibarat dilihat detikcom, Rabu (8/1/2020).

Sebagai wartawan yang tidak memihak, Bob kaget dan khawatir orang lain melihatnya sebagai wartawan partisan. Kok sanggup Facebook membuat penggunanya Like akun seseorang tanpa izin?

Pakar marketing sosial media Carri Bugbee pun memberi penjelasan kepada Sullivan, bagaimana Facebook melaksanakan trik itu. Caranya cukup dengan migrasi akun personal menjadi profesional. Saat itulah status Friend akan dikonversi menjadi Like.

"Anda mampu memilih Friend dari profil untuk otomatis like Page gres Anda, tapi postingan dari profil tidak dibawa ke Page baru Anda," begitu penjelasan Facebook soal migrasi akun personal menjadi profesional.



Ternyata Facebook tidak menutupi soal ini. Anda mampu cek sendiri di bagian Facebook Help. Ketik saja, "How do I convert my profile to a Facebook Page? Maka Facebook akan menjelaskan soal konversi akun dan fitur otomatis like ini. Ada 3 hal yang terjadi:

1. Semua follower, friends dan friend request akan sanggup notifikasi kalau Anda menciptakan Page baru.
2. Follower yang Anda pilih akan otomatis follow Page baru dan dipindahkan dari profil.
3. Friend dan pending friend request yang Anda pilih akan otomatis Like dan Follow page gres Anda dan tidak dipindah dari profil Anda.

Namun, biasanya yang nomor 1 rawan terlewat jika begitu banyak notifikasi masuk ke akun pengguna. Sedangkan, klarifikasi nomor 3 sepertinya jadi pengukuhan gamblang dari Facebook soal like otomatis.

Kemungkinan kedua soal Like otomatis ini yaitu, orang-orang me-Like sebuah Page. Kemudian page itu berubah nama, menjadi sesuatu yang lain. Maka Like-nya juga akan eksklusif otomatis mengikuti. Menurut Facebook, hal itu pun gampang-mudah saja dilakukan.



"Anda mesti menjadi Admin untuk meminta perubahan nama Page," kata Facebook. Sesederhana itu...

Sampai sini apa sudah terperinci? Lantas bagaimana satu Page sanggup pribadi di-like jutaan orang? Facebook rupanya punya fitur Merger akun Page.

"Jika Anda punya 2 Facebook Pages yang serupa, Anda sanggup merger akun, bila: Anda admin dari kedua akun Page, Page punya nama serupa dan isinya serupa, Page punya alamat sama bila ada lokasi fisiknya," begitu kata Facebook.

Dari penjelasan Bob Sullivan dan Facebook sendiri, maka ada tiga hal sederhana untuk menjelaskan fenomena yang lagi ramai:
1. Fitur Like otomatis mampu terjadi saat ada konversi akun personal menjadi profesional,
2. Orang-orang me-Like sebuah page yang lalu berganti nama,
3. Jumlah Like sanggup pribadi jadi banyak dengan cara merger akun Page.

Simak Video "Pаndеmі Cоrоnа, Fасеbооk Gаmіng Dіrіlіѕ Lеbіh Cераt"
[Gаmbаѕ:Vіdео 20dеtіk]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar